Senin, 21 Oktober 2013

Beef Steak- Siasat Sederhana yang bikin Special

          Selamat datang kawan-kawan, sebelumnya makasih sudah mampir di blog saya. Mungkin salah satu di antara kalian adalah ibu RT yang sedang bingung menyiasati sisa daging kurban kemarin yang semakin mengeras di kulkas. Sebenarnya saya juga demikian, tapi setelah saya keluarkan dan melihat potongan daging dalam ukuran lumayan besar, terbesit ide untuk membuat steak daging sapi sederhana.
Sebenarnya ada kendala juga masalah bumbu, tentu saja yang tidak lengkap untuk memasak steak yang sebenarnya. Naah, mungkin ini terkesan lucu dan acakadul, tapi saya udah buktikan bahwa rasanya nggak kalah enak kok sama steak yang di resto, hehehe....

>>> Bahan dan bumbu yang ada di kulkas kebetulan mepet banget, diantaranya :
- Daging sapi sekitar kurang dari satu kilo :)
- sayur pelengkap hanya ada kacang panjang dan wortel
- Bumbunya ada bawang putih, saos tiram, merica bubuk, gula, margarin dan mayonese.
- Kecap manis.
>>> Cara masaknya simple banget :
1. Iris daging sapi sesuai bentuk steak, pukul-pukul sekedarnya untuk membuat tekstur agak lembek.
2. Lumatkan sedikit saus tiram (tak perlu pakai garam, takut merubah tekstur daging jadi kenyal) dan merica bubuk, diamkan beberape menit.
3. Siapkan teflon dan panaskan margarin.
4. Goreng daging yang telah dibumbui beberapa menit sambil di bolak-balik (-dari 3 menit)- jangan menggoreng terlalu lama karena daging akan mengecil dan keras.
5. Angkat dan letakkan pada piring saji.
6. Rebus sayur biasanya ada kentang, brokoli, buncis, wortel atau capri, tapi karena di rumah hanya ada kacang panjang dan wortel, itu tidak jadi soal.
7. Angkat dan tiriska apabila sudah matang, atur pada piring saji bersama steak.
8. Cara membuat sausnya : panaskan margarin, tumis bawang putih cincang, masukkan sedikit air, gula secukupnya, saus tiram secukupnya, agar terlihat kental dan hitam tambahkan kecap manis aduk dan cairkan sedikit tepung maizena, aduk sesaat lalu tuangkan di atas sayur dan steak.
9. Sebagai pelengkap, olehkan mayonese di atas steak.
10. Maka Beef Steak siap dihidangkan :)

       
Naah, selamat mencoba yaa... bisa kok dikreasi dengan bumbu yang lain, biar anak-anak dan seluruh keluarga tidak bosan dengan menu daging yang itu-itu saja.

Pagi yang bersemangat.
Mell Shaliha.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar