Senin, 10 September 2012

Masa Putih Abu-Abu

Hai..hai... jumpa lagi di blog sederhana Mells, Bangunkan Penamu!

       Kali ini ngebahas soal  masa SMA. Karena sekolahku cuma sampai SMA hehe...yach masa sekolah memang masa paling indah meski ketika itu masa-masa paling sulit buatku. Banyak hal yang berkesan saat di SMA. Sebenarnya aku melanjutkan study-ku di SMK. Tepatnya di SMK N4 Jogjakarta. Aku mengambil jurusan Pariwisata-bistud Akomodasi Perhotelan.  Di sekolahku mayoritas cewek, hanya beberapa gelintir cowok, apalagi di kelasku, cuma empat orang. But, smua asyik dan mengesankan.
       Saat di sekolah dari SMP sampai SMK aku mempunyai impian menjadi pengurus OSIS, tapi impian hanya impian, apesnya aku nggak pernah terpilih menjadi pengurus OSIS. Mungkin aku kurang dalam segala hal, jadi aku mengalihkan konsentrasiku pada mimpi yang lain. Seperti main basket atau saat di SMK aku memilih extracuruculer debate. Hal itu yang sampai saat ini masih terkenang.
       Pertama kali aku ikut lomba debat, adalah pada kompetisi terbesar se Jateng DIY. pas itu aku sama sekali belum mempunyai pengalaman. melihat lawan pertama yaitu SMU Tarakanita Magelang, wuuuiiish  rasanya pingin kabur duluan. pasalnya melihat wajah n cover mereka yg serba chinese udah bikin mentalku down. Aku sama sekali nggak konsen pada materi dan tidak bisa mengeluarkan sepatah katapun.
Hal itu membuatku sangat menyesal dan berusaha mengembangkan diri, hasilnya lumayan.
       Setelah lulus dari  SMK aku tidak pernah lagi berfikir memasuki dunia debat lagi. Kecuali hanya sebuah mimpi. Mimpi ketika aku bisa kuliah, mengambil fakultas yang merupakan impianku juga, yaitu pendidikan bahasa Inggris. Namun hal itu tidak pernah terwujud sampai sekarang. Bahkan aku tidak berani lagi bermimpi untuk itu. Dalam benakku, ilmu debatku tidak lagi berguna dan aku harus rela menguburnya dalam-dalam. 
        Ternyata aku salah besar. Setelah sekian tahun aku tidak pernah menyentuh dunia debat, seorang kawan meminta bantuanku untuk menjadi pelatih debat di sebuah SMK di  GK. Dengan semangat aku membantu mereka via online karena waktu itu aku masih di HKG. Setiap tahun berturut-turut mereka memintaku melatih anak didik baru. sampai tahun kemarin, aku bisa langsung terjun ke SMK untuk mendampingi mereka pada saat  kompetisi. Waah senang, mengenang masa-masa menegangkan, harus case building, melatih body language saat speaking dan memberikan semangat pada mereka. Rasanya muda lagi. 
        Meski team debate dari sekolah itu hanya masuk peringakat 13, tapi dari sekian kompetisi, mereka selalu menang, hanya karena point mereka kalah. Lawan main lumayan bagus dengan sistem skor yang sebenarnya sangat disesalkan. But it's okay, selama bisa berkompetisi, hal itu sudah sangat luar biasa.
Karena menjadi seorang debater butuh kepercayaan diri yg tinggi dalam berargumen dengan tim lawan pun juga harus bisa meyakinkan judges dan audiens. Bangga deh rasanya bisa terjun lagi dengan motion-motion luar biasa yang harus kami bahas dan diperdebatkan dalam sebuah kompetisi debat. Hal itu membuktikan bahwa ilmu itu akan selamanya bermanfaat.
        Bulan Oktober biasanya seluruh SMU atau SMK mengikuti even English Debating Competition, entah untuk tahun ini. Aku berharap bisa menyaksikan lagi adik-adikku mengikuti kompetisi lagi. Semoga lebih baik dari yang kemarin... amin... Semangat!

Hal apa yang paling berkesan di sekolahmu?
* kalau aku memakai seragam putih abu-abu :)


MellsWritingZone.   

1 komentar:

  1. berarti bener dugaanku xie-xie ni de ai itu sebagian besar terinspirasi dari diri mell sendiri uhuyyy...
    semangat terus mell:)

    BalasHapus